Who is Butcher???

Butcher seorang yang menangani daging yang bisa menyembelih hewan, mempersiapkan daging sebelum dijual, menjual daging atau melakukan kombinasi dari ketiganya. Butcher dapat mempersiapkan daging ruminansia, daging unggas dan ikan, sesuai standar potongnya dan bahkan kerang yang dijual secara ritel atau grosir. seorang tukang daging (butcher) dapat bekerja supermarket, toko daging dan pasar ikan, rumah potong hewan atau mungkin mandiri.
Persyaratan sebagai seorang Butcher :
Memiliki kemampuan menggunakan peralatan manual ataupun mesin
Memiliki standar kebersihan personal yang tinggi dan ketat di tempat kerja sesuai standar higiene
Bekerja baik sebagai bagian dari team
Sangat bersahabat dan terbuka dan ringan tangan
Memilki komunikasi yang baik dan memiliki kemampuan customer service
Memiliki kemampuan dan pemahaman tentang produk (product knowledge)
Memiliki kemampuan rasa visual dalam penyajian
Memiliki kemampuan angka(berhitung) dalam menangani pembayaran

who-is-butcher

 

 

 

 

Pisau adalah peralatan terpenting bagi seorang butcher, pisau dengan kualitas bagus dengan harga yang pantas, memiliki keawetan merupakan sebuah investasi yang sangat berharga. Pisau yang dipergunakan dalam Butcher sangat beragam bentuk dan ukurannya dan memiliki kegunaan yang sangat spesifik.
who is butcher
Bolster /guling : hanya ditemukan pada pisau ditempa. Ini adalah ban tebal baja antara bilah dan pegangan yang membantu menyeimbangkan pisau dan mencegah tangan pengguna dari tergelincir di seberang pisau.
Butt /pantat pisau : adalah akhir dari gagang pisau
Edge : tepi adalah bagian diasah dari pisau yang memanjang dari tumit ke ujung. Mempertahankan tepi tajam sangat penting untuk keselamatan pengguna dan efektivitas maksimum.
Handle :  pegangan memberikan permukaan mencengkeram pada pisau itu. Harus memberikan kenyamanan dan keamanan.
Heel : adalah bagian belakang pisau dan yang paling sering digunakan untuk memotong produk tebal atau sulit di mana diperlukan kekuatan lebih.
Point : ujung pisau yang berfungsi ini sebagai alat menusuk.
Spine :  punggung pisau  adalah bagian atas pisau berlawanan dengan sisi tajam.
Tang :  adalah bagian dari pisau yang membentang ke pegangan dan membantu memberikan keseimbangan. Pisau dengan tang penuh memiliki kelebihan dalam keseimbangan dan daya tahan.
Tip :  adalah bagian depan pisau yang melakukan sebagian besar pemotongan dan memisahkan. Bentuk tip yang lancip sangat ideal untuk menusuk dan memotong bagian-bagian kecil. Bentuk tip bulat yang ideal untuk memotong atau mengiris bagian tipis.
Pisau tumpul adalah penyebab paling umum tunggal cedera dapur komersial. Karena pisau tajam benar memotong lebih mudah daripada yang tumpul, pekerja dapat menyelesaikan tugas-tugas mereka lebih cepat. Pisau yang tajam lebih produktif dan aman, maka sebuah keharusan bagi seorang Butcher untuk menjaga ketajaman dan kebersihan pisau sepanjang waktu. Cuci pisau dengan air panas, ditajamkan dengan benar, simpan pisau di dalam sarung pisau. Semua peralatan harus dijaga kebersihan dan dalam keadaan kering untuk mencegah pertumbuhan kuman dan mengurangi resiko terkontaminasi.
Yang harus diperhatikan kembali oleh seorang Butcher antara lain : karkas sapi yaitu tubuh sapi sehat yang telah disembelih secara halal, telah dikuliti, dikeluarkan jeroan, dipisahkan kepala, kaki mulai dari tarsus/karpus ke bawah, organ reproduksi dan ambing, ekor serta lemak yang berlebih. Daging sapi merupakan bagian dari karkas sapi sehat yang disembelih secara halal dan benar serta lazim dan layak dikonsumsi oleh manusia. Daging sapi segar yaitu daging sapi yang belum diolah dan/atau tidak ditambahkan dengan bahan pengawet/tambahan. Daging sapi segar dingin yaitu daging yang mengalami proses pendinginan setelah penyembelihan sehingga suhu bagian dalam daging (0 – 4)0C. Daging sapi beku adalah daging sapi yang sudah mengalami proses pembekuan pada suhu minimum -29oC. Penyembelihan halal merupakan proses penyembelihan yang dilakukan sesuai dengan syariat agama Islam.

who-is-butcher2

 

 

 

 

 

 

who-is-butcher3

 

 

 

 

 

 

who-is-butcher4

 

 

 

 

 

 

 

who-is-butcher5

 

 

 

 

 

 

who-is-butcher6

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA :
Aus-Meat. 1998. Handbook of Australian Meat. 6 th edition. South Brisbane. Australia.
Price, J.F. dan Schweigert, B.S. 1970. The Science of Meat and Meat Products. 2 nd edition, W.H. Freeman and Company. San Fransisco.
Bull, S. 1951. Meat for the Table. McGrawHill Book Company, Inc.

No Comments Yet.

Leave your comments