Master Training of Trainers on Best Practices for Poultry Small Scale Industry Dan Kunjungan Tim Universitas dan Riset Wageningen – Belanda ke BBPKH Cinagara

Master-Training-of-Trainers-on-Best-Practices-for-Poultry-Small-Scale-Industry-1         RPA Modern Clazing                RPA Kempers (RPA skala kecil)

Salah satu kesepakatan kerjasama antara Indonesia - Belanda   pada Pertemuan Working Group on Agriculture, Fisheries and Forestry (WGAFF) pada tahun 2015 adalah penyelenggaraan Master Training of Trainers (MoT) on Best Practices for Poultry Small Scale Industry di Belanda. Penyelenggaraan MoT ini dibawah koordinasi Food Security Program yaitu kegiatan capacity building untuk keamanan pangan, dan sertifikasi produk peternakan.

            Peserta MoT berbasis link and match yaitu membangun Master Trainer terpadu dari dunia regulasi, akademisi, praktisi dan fasilitator/widyaiswara dengan komposisi Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pasca Panen (drh. Imron Suandy, MVH), Institut Pertanian Bogor (Dr. Drh. Denny Widaya Lukman, MSi dan Dr. Ir. Widya Hermana, MSi), Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara (drh. Dwi Windiana, MSi) dan drh. Trikisowo Jumino (PT Pangan Guna Sejahtera).

            Penyelenggaraan MoT on Best Practices for Poultry Small Scale Industry berlangsung selama   delapan (8) hari, dari tanggal 31 Oktober sampai 7 November 2015. Pendekatan pelatihan menggunakan metode observasi dan diskusi terhadap penerapan teknologi sistem pemeliharaan dan rantai pasok ayam skala industri kecil. Tujuan MoT adalah meningkatkan kompetensi trainer melalui sharing dan diskusi penerapan praktek terbaik (best practices) dengan produsen industri ayam skala kecil, penggalian strategi komunikasi dari produsen, asosiasi dan konsumen dalam rangka mengidentifikasi perilaku pasar, meningkatkan jalur rantai pasok ayam, kualitas pemotongan karkas, transportasi, distribusi dan penataan display daging ayam di pasar swalayan maupun di pasar tradisional serta melindungi konsumen dari bahan berbahaya (bakteri, kimia, logam berat) sebagai akibat dari penerapan best practices yang tidak benar.

            Keluaran dari MoT adalah untuk meningkatkan penerapan best practices pada industri ayam berskala kecil, di pasar swalayan maupun di pasar tradisional, meningkatkan pendapatan industri ayam berskala kecil untuk jangka panjang, memotivasi pemilik Rumah Potong Ayam (RPA) sebagai pebisnis melalui keikutsertaan dalam Training of Trainer (ToT) dan menyusun bahan ajar/modul untuk menyelenggarakan ToT. Sedangkan outcome pelatihan adalah implementasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) di semua RPA Indonesia dan penyelenggaraan program kesadaran publik tentang penerapan best practices untuk produsen dan konsumen.

Program kunjungan selama di Belanda antara lain ke Universitas dan Riset Wageningen, AVINED (Poultry Organization), Dutch Netherlands Food and Consumer Product Safety Authority (NVMA), Ministry of Economic Affairs, Directorate Agriculture on Food Safety and Animal Welfare Regulation for Poultry, Clazing             ( Modern Poultry Slaughterhouse), Stork Marel (poultry slaughter line equipment), Poultry Training Centre PTC Plus Barneveld, Broiler closed house farm, Kempers (small size poultry slaughterhouse).

            Dalam rangka tercapainya outcome MoT, Tim telah melakukan identifikasi terhadap beberapa RPA berskala kecil di Jawa Barat dan melakukan asesmen terhadap kebutuhan pelatihan (training need assessment). Sebagai tindak lanjut dari survei pendahuluan yang telah dilakukan Tim Universitas dan Riset Wageningen, maka perwakilan Tim (Mr. Peter van Horne dan Mrs. Ferry Leenstra), melakukan kunjungan ke BBPKH Cinagara, pada tanggal 10 Desember 2015 guna meninjau sarana prasarana pelatihan, khususnya RPA Pembelajaran yang dimiliki BBPKH Cinagara sebagai alternatif tempat penyelenggaraan pelatihan Best Practices for Poultry Small Scale Industry. Selanjutnya Tim Universitas dan Riset Wageningen dan Tim MoT akan menyusun kurikulum pelatihan dengan tiga (3) sasaran yaitu pemilik RPA, NKV inspector (Pengawas Kesehatan Masyarakat Veteriner) dan pekerja RPA.

Master-Training-of-Trainers-on-Best-Practices-for-Poultry-Small-Scale-Industry2       Bersama karyawan BBPKH Cinagara      Bersama Tim RPA BBPKH Cinagara      

No Comments Yet.

Leave your comments