WORKSHOP OPERASI OVARIOHISTERECTOMY DAN KASTRASI PADA HEWAN KECIL CINAGARA, 21 JANUARI 2016

Seiring dengan tantangan pembangunan pertanian yang semakin kompleks dan tuntutan performansi sumberdaya manusia (SDM) yang handal, kreatif, inovatif dan berwawasan global, diperlukan pengembangan profesionalisme SDM yang terstruktur dan terukur.Peningkatan profesionalisme SDM, dalam hal ini widyaiswara harus dilihat sebagai proses antisipatif dalam rangka mengimbangi dinamika perubahan lingkungan pembangunan pertanian, khususnya bidang kesehatan hewan sebagai upaya mewujudkan widyaiswara yang profesional dan kredibel.

Berdasarkan Permentan nomor 140 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengembangan Profesionalisme Widyaiswara Lingkup Kementerian Pertanian, widyaiswara dituntut untuk memiliki kecepatan, kepekaan dan kreativitas dalam mengembangkan kompetensinya, salah satunya melalui kompetensi keilmuan (substantif). Kompetensi keilmuan widyaisawara BBPKH Cinagara yang berbasis kesehatan hewan menuntut keahlian dalam berbagai keterampilan spesifik. Oleh karena itu pada tanggal 21 Januari 2016, diadakan Workshop Operasi Ovariohisterectomy dan Kastrasi Pada Hewan Kecil sebagai wujud kegiatan profesi veteriner yang akan terus dikembangkan dan diperkuat BBPKH Cinagara.

Workshop dibuka oleh Kepala Bagian Umum BBPKH Cinagara, drh Sri Gatiyono, MSc didampingi oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Drs Bakti Poerwadikarta, MP serta Ketua Panitia, drh Dwi Windiana, MSi. Kegiatan workshop ini sekaligus menandai dibukanya Klinik Hewan BBPKH Cinagara yang melayani pengobatan, vaksinasi, pemeriksaan laboratorium dan konsultasi.

klinik-pembukaan

Pembukaam Workshop

Roll-up-banner-Klinik-BBPKH

BBPKH Cinagara membuka layanan klinik hewan

 

Sebagai narasumber workshop yaitu drh. Wisnu Wardana dan drh. Aisyah yang selama ini berprofesi sebagai dokter hewan praktek, baik untuk hewan kesayangan, maupun satwa liar. Workshop diikuti 16 peserta yang terdiri dari 8 peserta dengan latar belakang dokter hewan dan 8 peserta paramedik.

Kegiatan workshop diawali dengan penyajian materi dan diskusi di kelas dengan judul Dasar-dasar Praktek Klinik dan Bedah Hewan Kecil, Teknik Anaestesi, Penulisan Resep Obat Hewan, Teknik Ovariohisterectomy dan Teknik Kastrasi. Selanjutanya dilakukan praktek operasi di ruang laboraorium yaitu operasi kastrasi pada dua ekor kucing dan teknik operasi ovariohicterektomy tipe median dan flank, masing-masing pada satu ekor kucing.

Pada kegiatan praktek, peserta dibagi dalam empat kelompok dan setiap kelompok dipimpin oleh seorang operator (dokter hewan), co-operator dan dua anggota yang berperan sebagai paramedik. Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi dan penyerahan sertifikat kepada seluruh peserta workshop.

Kegiatan Praktek Workshop

klinik2

Persiapan operasi kastrasi

klinik3

Penyayatan kulit scrotum

klinik4

Persiapan operasi ovariohisterectomy

klinik5

klinik6

No Comments Yet.

Leave your comments