MENINGKATKAN MINAT DUNIA PERTANIAN PADA USIA DINI AGRI TRAINING CAMP (ATC) ANGKATAN II

web1 Pada saat ini di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat pertanian berkembang sinyalemen bahwa generasi muda kita kurang berminat terjun kedunia pertanian. Indikatornya antara lain semakin menurunnya minat lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas untuk masuk ke fakultas pertanian di perguruan tinggi, Demikian pula para lulusan fakultas pertanian serta sekolah menengah kejuruan pertanian banyak bekerja di luar sektor pertanian. Dunia pertanian identik dengan dunia yang kotor, kumuh, miskin, serta komunitas yang terpinggirkan. Usaha di bidang pertanian masih dianggap sebagai bisnis yang tidak menjanjikan (unpromising business).

Pengenalan dunia pertanian pada usia dini merupakan salah satu upaya strategis di sektor pertanian dalam mensukseskan program ”Ketersediaan Pangan, Stabilitas nasional serta Penghasil Devisa Negara”. Adapun upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian mencanangkan kegiatan pengenalan dunia pertanian kepada generasi muda yang diberi nama ”Agri Training Camp” disingkat ATC. ATC merupakan suatu pola, pendekatan dan model pelatihan pertanian bagi generasi muda yang dikemas secara khusus dengan melibatkan berbagai pihak, baik lembaga pemerintah, lembaga masyarakat khususnya kelembagaan tani, lembaga swasta maupun lembaga perorangan yang mempunyai kepedulain terhadap kelangsungan dunia pertanian Indonesia di masa yang akan datang. Metoda pelatihan yang diberikan melalui out bound dengan menggabungkan substansi pertanian yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada.

Sehubungan dengan hal tweb2ersebut, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor menyelengarakan Diklat Agri Training Camp (ATC) Angkatan II, untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan minat dunia pertanian pada usia dini. Diklat dibuka secara resmi hari Rabu, 27 Juni 2016 oleh Kepala Bagian Umum drh. Sri Gatiyono, M.Sc didampingi Kepala Bidang Penyelengara Pelatihan, Kepala Seksi Pelatihan Aparatur. Jumlah Peserta 30 orang berasal dari Sekolah Menengah Atas di Jawa Barat. Diklat dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 27 s.d 31 Juli 2016. Tujuan ATC adalah Menumbuhkan apresiasi, minat, pengetahuan dan kepedulian generasin muda terhadap dunia pertanian sehingga lebih mencintai dunia pertanian.

No Comments Yet.

Leave your comments