SERTIFIKASI JURU SEMBELIH HALAL (JULEHA) DAN INSEMINASI BUATAN (IB) UNTUK MENGHADAPI MASYARAT EKONOMI ASEAN (MEA)

web 3Pelaksanaan kegiatan Inseminasi Buatan (IB) pada ternak merupakan salah satu upaya penerapan teknologi tepat guna yang merupakan pilihan utama untuk peningkatan populasi dan mutu genetik sapi. Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan murah, mudah dan cepat, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak. sebagai Juru Sembelih Halal yang dipersyaratkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) serta diharapkan agar para pelaku Juru Sembelih Halal mampu meningkatkan keterampilannya. Oleh karena itu perlunya sertifikasi sebagai syarat kompeten di bidangnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor menyelengarakan sertifikasi Inseminasi Buatan (IB) dan Juru Sembelih Halal (Juleha) Bagi Non Aparatur sebagai antisipasi untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sertifikasi dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 27 s.d 31 Juli 2016, peserta sebanyak 60 orang tediri dari 30 orang peserta IB dan 30 orang peserta Juleha. Pembukaan sertifikasi dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Juni 2016 oleh Kepala Bagian Umum drh. Sri Gatiyono, M.Sc didampingi Kepala Bidang Penyelengara Pelatihan, Kepala Seksi Pelatihan Non Aparatur.

Sertifikasi profesi dimaksudkan agar kegiatan atau suatu proses kerja yang telah dibakukan memberikan hasil akhir sebagaimana yang diharapkan karena dilaksanakan oleh orang yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan. Dengan adanya sertfikasi ini maka jika ada seribu pekerjaan yang sama, yang dilakukan diberbagai tempat oleh seribu orang yang berbeda tetapi memiliki tingkat kompetensi yang sama sebagaimana yang dipersyaratkan, maka dapat diharapkan akan memberikan hasil yang sama.

No Comments Yet.

Leave your comments