TALK SHOW PENANGANAN KESEHATAN MUSANG DAN PENCEGAHAN PENYAKIT MENULAR DARI MUSANG KE MANUSIA

web-musangDahulu kebanyakan orang memelihara hewan terbatas pada jenis anjing dan kucing saja, yakni home pets. Namun saat ini orang suka memelihara exotic pets, yaitu satwa liar yang aslinya hidup di alam. Banyak muncul komunitas penggemar exotic pets seperti komunitas pencinta reptil, sugar glider, musang dan berbagai hewan exotic lainya.

Upaya mengantisipasi semakin terancamnya populasi hewan exotic di habitat aslinya, munculah breeder atau pengusaha pengembangbiakan hewan excotic. Tingginya tingkat kontak antara manusia dan hewan mengakibatkan semakin tinggi kemungkinan adanya penularan penyakit zoonosis dari hewan ke manusia, oleh karena itu penggemar excotic pets selain mendalami hobbi juga sebaiknya menguasai potensi bahaya terhadap kesehatan yang mungkin timbul. Memiliki hewan peliharaan tak boleh sembarangan merawatnya. Cara memeliharanya dan memperhatikan aspek kesehatan hewan kesayangan sangat penting terutama bagi kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Dalam rangka pelayanan kesehatan hewan kepada masyarakat terutama pecinta exotic pet animal, khususnya Musang, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara bekerjasama dengan Perkumpulan Pecinta Pelestari Musang Indonesia (P3MI) mengadakan Talk Show dan konsultasi kesehatan musang “gratis”. Dalam Talk Show tersebut juga dibahas pentingnya kesehatan hewan terutama Musang dengan Pembicara drh. Eka Dewi Walandari (PET + VET Animal Clinic) dan Bimo Listyo Hutomo ( P3MI) dengan materi antara lain:

  • Penyakit-penyakit Musang yang dapat menular ke Manusia serta tindakan pencegahannya;
  • Pertolongan pertama pada penanganan kesehatan musang;
  • Cara breeding musang layak kontes.

Karena hewan dapat menularkan penyakit ke manusia (zoonosis). Banyak pemilik hewan selama ini tidak menyadari adanya kemungkinan itu. Pengetahuan ini penting sebab banyak pemilik hewan yang tidur bersama hewan kesayangannya, memeluk dan menciumi dan bahkan kadang-kadang makan dari satu piring.

Talk Show dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Oktober 2016 di Aula Rajawali BBPKH Cinagara Pukul 09:00 s.d 12:00 WIB dan pelayanan konsultasi kesehatan musang. Mengingat pentingnya Kesehatan hewan bagi pencinta exotic pet animal, serta pencegahan penyakit menular dari Musang ke Manusia.

No Comments Yet.

Leave your comments