KELAS TERBUKA GEN-Y (NET GENERATION/SMART HANG-OUT)

 whatsapp-image-2016-10-04-at-4-49-04-pmKunci penting dalam pelaksanaan pembelajaran yang baik adalah terciptanya situasi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pembelajaran menyenangkan yang diselenggarakan di kelas maupun di luar kelas dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta diklat, mengasyikan, serta menjadikan peserta diklat tertantang untuk lebih mendalami materi pembelajaran, dan menumbuhkan kreatifitas, sehingga peserta lebih semangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara sebagai salah satu organisasi pembelajaran mulai melakukan perubahan untuk sistem pembelajaran yang lebih nyaman dan modern. Generasi penerus merupakan generasi internet yang tidak bisa lepas dari teknologi internet dan menyukai melakukan kegiatan dengan berkelompok di tempat yang nyaman serta didukung dengan teknologi yang tinggi. Menjawab kebutuhan ini, ide Kelas Terbuka Gen-Y (Net Generation/smart Hang-Out) muncul di BBPKH Cinagara, dengan merubah konsep pengelolaan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter Net Generation. Kelas Terbuka Gen-Y (Net Generation/smart Hang-Out) merupakan tempat yang akan menghubungkan komunitas/individu dalam bekerjasama membahas materi diklat/pekerjaan/kajiwidya yang sifatnya sederhana/kompleks.

Secara garis besar dapat disimpulkan konsep Kelas Terbuka Gen-Y  adalah memberikan layanan dan fasilitas kepada  The net-generation  untuk dapat melakukan berbagai macam kegiatan. Kwhatsapp-image-2016-10-04-at-4-46-31-pmonsep yang di kembangkan adalah tempat terbuka yang dilengkapi dengan fasilitas wifi untuk melakukan kegiatan seperti diskusi, belajar, mencari informasi, serta melakukan interaksi sosial dengan semua yang berada di satu area/ lokasi sehingga merasa betah, menyenangkan dan aman. Ke depannya BBPKH Cinagara akan mempersiapkan beberapa lokasi Kelas Terbuka Gen-Y baik yang indoor maupun outdoor yang tersebar di beberapa lokasi sekitar BBPKH Cinagara.

Tujuan dibuatnya Kelas Terbuka Gen-Y adalah menjawab tantangan The net-generation, generasi ini hidup dengan dunia digital atau komputer dan cenderung belajar dari para Youtuber, hidup di dalam samudera informasi yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Ditopang oleh perangkat-perangkat lunak komputer yang semakin canggih serta biaya komunikasi yang semakin murah, maka arus informasi akan semakin dapat di jangkau oleh semua orang.

Menjawab kebutuhan yang tidak dapat di tunda BBPKH Cinagara membuat kelas terbuka gen Y (gen Y opened class) untuk melakukan pembelajaran yang tidak monoton di kelas saja. konsep Co-learning space dibuat untuk meningkatkan daya saing serta modal utama Balai Diklat bermutu di Pemerintahan dan tantangan untuk pengajar / pendidik yang tidak hanya menyelesaikan kurikulum (aspek kognitif), tetapi juga membentuk karakter generasi penerus yang mampu menghadapi tantangan masa depan yang serba cepat, terus berubah dan dinamis.

No Comments Yet.

Leave your comments