REGENERASI PETANI MELALUI ORIENTASI CALON MAGANG JEPANG

majeb-web Lambatnya laju regenerasi petani menjadi persoalan penting bagi sektor pertanian yang bisa mengancam cita-cita kedaulatan pangan pemerintah. Persoalan ini tak hanya muncul di level nasional namun juga global. Maka dari itu Kementerian Pertanian cq. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dengan Asosiasi Petani di Jepang menyelenggarakan Program Magang Bagi Petani Muda di Negara Jepang. Tujuan dilaksanakanya program Magang di jepang ini adalah untuk mengadopsi teknologi, budaya dalam hal ethos kerja, disiplin dan usaha dibidang pertanian yang berorientasi agribisnis sehinga menghasilkan petani muda sebagai regenerasi, inspirasi dan motivator sektor pertanian di wilayahnya.

Sejak tahun 1984 telah di mulai Program Magang Bagi Petani Muda ke Jepang, sampai dengan saat ini sudah dilaksanakan 34 Angkatan dengan jumlah alumni 1.212 orang dengan rincian Pria 1.102 orang dan Perempuan 110 orang. Tak dapat di pungkiri para Alumni Magang Jepang ini adalah pengerak Kelompok Tani di Indonesia, salah satunya adalah Ir. Winarno Tohir  sebagai Ketua Umum Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA)
sejak tahun 2004.

Peserta Diklat Orientsi Calon Magang Jepang Angkatan I dan Angkatan II yang dilaksanakan pada tanggal 2 sd 31 Oktober 2016 berasal dari hasil seleksi 10 UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian sebanyak 60 orang peserta terbaik yang telah  melalui proses seleksi yang telah dilaksanakan di 10 UPT Pelatihan Pertanian Pusat melalui Diklat Kewirausahan Bagi Petani Muda dilanjutkan Penelusuran ke lokasi Calon Peserta Magang Jepang.

Diklat Orientasi Calon Magang Jepang Angkatan I dengan jumlah peserta 30 orang dan Angkatan II dengan jumlah peserta 30 orang dilaksanakan selama 30 hari....dimulai dari tanggal 2 s.d. 31 Oktober 2016 dengan jumlah Kurikulum 240 JP. Dengan pola pelaksanaan diklat tanggal 2 – 8 Oktober (minggu pertama) di BBPKH, tanggal 9 – 24 Oktober (minggu ke 2 dan minggu ke 3) untuk Angkatan 1 di P4S Terpadu IKAMAJA Garut Jawa Barat dan Angkatan 2 di P4S Jaya Alam lestari Ciwidey Bandung Jawa Barat dan tanggal 24 – 31 Oktober 2016 di BBPKH Cinagara Bomajeb-web1gor.

Pembukaan Diklat dilakasanakan pada hari Senin tanggal 3 Oktober jam 09:00 WIB oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara drh. Djajadi Gunawan, MPH, didampingi Kepala Bagian Umum, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian yang diwakili oleh Kepala Sub Bidang Kerjasama, Presiden  IKAMAJA (Ikatan Alumni Magang Jepang), Para Shinse dari IKAMAJA dan Widyaiswara BBPKH Cinagara Bogor.

No Comments Yet.

Leave your comments