Peningkatan Kompetensi Petugas Kesehatan Hewan

IMG_keswan

 

Ancaman populasi akibat rendahnya angka kelahiran, tingginya angka kematian dan terjadinya wabah penyakit hewan menular maupun gangguan kesehatan hewan akibat kelainan fisiologik serta pengaruh higienis sanitasi menyebabkan semakin menurunkan kondisi dan kemampuan produksi ternak domestik. Penanganan permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan hewan tersebut, maka perlu dilakukan suatu kegiatan peningkatan kesehatan hewan yang dapat dicapai dengan melakukan pengendalian, pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan yang disesuaikan dengan kondisi sosial ekonomi dan agroekosistem dimana ternak tersebut akan dikembangkan. Peranan petugas kesehatan hewan mencakup pada tiga unsur utama yaitu upaya peningkatan produksi, upaya mewujudkan lingkungan budidaya yang sehat dan upaya penyediaan pangan asal hewan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi manusia.

Guna meningkatkan keterampilan petugas kesehatan hewan di bidang kesehatan hewan secara profesionalisme, pengabdian, kesetiaan, pengembangan wawasan dan pembinaan karir dimasa yang akan datang, maka diperlukan suatu kegiatan dalam rangka mempersiapkan sumberdaya manusia dan mendukung program pemerintah dalam Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB), oleh karena itu Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara melaksanakan Diklat Teknis Kesehatan Hewan Bagi Petugas Angkatan I. Diklat dibuka secara resmi hari Kamis, 26 Januari 2017 oleh Kepala Balai drh. Djajadi Gunawan, MPH didampingi Kepala Bagian Penyelengara Pelatihan, Kepala Seksi Pelatihan Aparatur. Jumlah Peserta 30 orang berasal dari berbagai Provinsi di seluruh Indonesia. Diklat dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 25 s.d 31 Januari 2017.

Dengan dilakasanakannya Diklat Teknis Kesehatan Hewan Bagi Petugas Angkatan I, di harapkan para peserta dapat Meningkatkan kompetensi dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan produktivitas subsektor peternakan, pengawasan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.

No Comments Yet.

Leave your comments