TEKNIS MANAJEMEN HIJAUAN PAKAN TERNAK

web 1Pakan merupakan aspek penting dari sebuah peternakan, bahkan pakan merupakan faktor utama bagi pertumbuhan seekor ternak. Seiring dengan upaya pemerintah untuk menciptakan Indonesia yang swasembada pangan khususnya daging maka upaya yang dilakukan selain peningkatan pupulasi juga menjaga ketersediaan hijaun sebagai pakan ternak .

Akhir akhir ini pemerintah sangat intens dan fokus pada upaya pengembangan ternak di Indonesia dalam upaya menuju Indonesia yang swasembada daging mengingat tingkat kebutuhan masyarakat akan bahan makanan hewani khusus daging yang semakin meningkat seiring peningkatan jumlah penduduk dan semakin meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat. Untuk mendukung program tersebut tentu sangatlah penting untuk mengembangkan dan meningkatkan hijaun sebagai pakan ternak serta menerapkan sistem manajemen yang baik agar ketersediaannya tetap terjaga sepanjang tahun .

            Dalam upaya mengantisipasi tantangan dan kondisi tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, menetapkan 4 ( empat ) program aksi, salah satunya diantaranya melalui pemantapan sistem pelatihan pertanian dengan fokus kepada peningkatan kapasitas dan kompetensi petugas/penyuluh melalui Diklat Teknis Manajemen Hijauan Pakan Ternak bagi Petugas. Oleh karena itu Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara mengadakan Diklat Teknis Manajemen Hijauan Pakan Ternak bagi Petugas, selama 7 (tujuh) hari di mulai dari tanggal 19 s.d 25 Maret 2017. Diklat dibuka secara resmi Senin, 20 Maret 2017 oleh Kepala Bagian Umun drh. Sri Gatiyono, M.Sc mewakili Kepala Balai di dampingi Kepala Bidang Penyelengara Pelatihan dan Kepala Seksi Pelatihan Non Aparatur, dengan jumlah Peserta 30 orang dari UPT Kementerian Pertanaian dan Dinas  Provinsi di Indonesia.

Setelah mengikuti diklat peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan kemandirian dalam teknis manajemen hijauan pakan ternak untuk membantu pelaksanaan kegiatan manajemen pakan ternak di wilayah kerjanya.

No Comments Yet.

Leave your comments