TEKNIS PENGENDALIAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT HEWAN MENULAR (PHM)

web 2Timbulnya berbagai letupan kejadian penyakit hewan menular yang mewabah di Indonesia, seperti Anthrax, Flu Burung, Brucelosis, tidak saja menimbulkan kerugian ekonomi peternak namun berdampak besar pada kehilangan peluang ekspor karena perdagangan antar negara telah menerapkan konsep resiko nol (zero risk).

Seiring dengan perubahan lingkungan global yang terjadi sekarang ini, dan derasnya lalu lintas niaga dan transportasi hewan terutama darat dan laut antar daerah di Indonesia dan atau antar negara, memberikan dampak kepada terbukanya kemungkinan yang lebih besar penyebaran penyakit hewan menular dari satu tempat ke tempat lain.

Untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya wabah penyakit hewan, maka setiap daerah harus memiliki kemampuan untuk melakukan pengendalian, pencegahan, dan pemberantasan penyakit hewan secara dini sebelum penyebaran penyakit menjadi meluas dan intensitasnya meningkat. Peran petugas kesehatan hewan sebagai ujung tombak pembangunan peternakan dituntut untuk berperan dan memberikan kontribusinya dalam pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan penyakit hewan.

Untuk meningkatkan keterampilan dan kompetesi petugas kesehatan hewan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara melaksanakan Diklat Teknis Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Hewan Menular (PHM) Bagi Petugas Angkatan I, selama 7 (tujuh) hari di mulai dari tanggal 19 s.d 25 Maret 2017. Diklat dibuka secara resmi Senin, 20 Maret 2017 oleh Kepala Bagian Umun drh. Sri Gatiyono, M.Sc mewakili Kepala Balai di dampingi Kepala Bidang Penyelengara Pelatihan dan Kepala Seksi Pelatihan Non Aparatur, dengan jumlah Peserta 30 orang dari UPT Kementerian Pertanaian dan DinasĀ  Provinsi di Indonesia.

Diharapkan peserta diklat memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis dalam pengendalian, pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan menular serta mampu melakukan pengendalian dan penanggulangan pemberantasan penyakit hewan menular di wilayah kerjanya.

No Comments Yet.

Leave your comments