BBPKH Latih Pemeriksaan Kesehatan Daging, 30 Petugas RPH (Rumah Potong Hewan)

BBPKH Latih Pemeriksaan Kesehatan Daging, 30 Petugas RPH (Rumah Potong Hewan)

D:\BBPKH-Cinagara\Tugas\Berita Website 2018\Keurmaster\_00C7439.jpg

Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara – Bogor melaksanakan Pelatihan bagi petugas Rumah Potong Hewan (RPH) tentang Pemeriksaan Kesehatan Daging (Keurmeester).

Menurut Kapala Bagian Umum BBPKH, Indra Hertatianto, Senin (29/01/2017). Standar aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) harus dipenuhi pada semua tahap produk pangan asal hewan. Dalam rantai produksi pangan asal hewan, dikenal konsep save from farm to table atau kondisi ASUH dari tingkat budidaya (farm) sampai ke tingkat rumah tangga/konsumen (siap dikonsumsi).

”Rumah Potong Hewan (RPH) sebagai tempat menyembelih hewan dan memeriksa kesehatan daging dari hewan yang disembelih memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam melindungi konsumen dari penularan penyakit akibat mengkonsumsi daging sekaligus melindungi peternak dari kerugian-kerugian sebagai akibat penurunan nilai dan kualitas daging. Oleh karena itu penanganan daging terutama selama proses pemotongan di RPH perlu mendapat perhatian disamping hal yang utama menerapkan azas kesejahteraaan hewan agar hewan tidak stress, tersiksa, terluka dan mengalami kesakitan sebelum disembelih,” menurut Indra.

Pelatihan dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal dari tanggal 28 Januari sampai dengan 06 Februari 2017. Dengan jumlah peserta 30 orang berasal dari Provinsi Jawa Barat 26 orang, Provinsi Jawa Timur 2 orang dan Provinsi Gorontalo 2 orang.

Pembinaan pelatihan pertanian dilakukan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementrian Pertanian, terhadap kelembagaan, ketenangaan dan penyelenggaraan pelatihan pertanian. Oleh karena itu legalitas dalam penyelengaraan pelatihan dan Bimbingan Teknis berada di Badan SDM Pertanian. Institusi atau Lembaga yang memiliki kegiatan peningkatan SDM Pertanaian diharapkan dapat berkoordinasi. menurut Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternkan dan Kesehtan Hewan Kementerian Pertnaian, Syamsul Ma'arif, Senin D:\BBPKH-Cinagara\Tugas\Berita Website 2018\Keurmaster\IMG_7452.JPG

”Peran Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara – Bogor sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementrian Pertanian, dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia terutama dalam bidang kesehatan masyarakat veteriner, memberi pelatihan secara maksimal agar lulusan siap untuk bekerja menyiapkan daging ASUH, karena pemerintah selalu menghibau bahwa produk hewan yang keluar harus bersertifikat NKV (Nomor Kontrol Veteriner) dan besertifikat halal, pentingnya Balai ini mengadakan Pelatihan Kesehtan Hewan bagi petugas dilapangan untuk meningkatkan kapasitas petugas dalam pemeriksaan kesehatan daging berasal dari hewan,” kata Syamsul.

No Comments Yet.

Leave your comments