In House Training Pengolahan Susu Sapi Segar di BBPKH

BOGOR - Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara – Bogor melalui Divisi Penjamin Mutu & Keamanan Pangan (PMKP) melaksankan kegiatan In House Training pengolahan hasil peternakan khusunya olahan dari susu sapi.

“In House Training di ikuti oleh pegawai BBPKH dan dari Dinas Peternakan Kab. Bogor dengan membawa anggota kelompok peternak di wilayah Ciawi Kabupaten Bogor.

Kegiatan kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari MOU BBPKH dengan Dinas Peternakan Kabupaten Bogor yang telah disepakati sejak tahun kemarin,” menurut Widyaiswara (Pengajar) BBPKH, Elies Lasmini, Kamis (22/02/2018).

“Pada kegiatan ini materi yang di berikan adalah olahan minuman yaitu kefir. Kefir sendiri sebenarnya hampir mirip dengan yoghurt atau minuman probiotik. Kefir dibuat dari bahan dasar susu, yang difermentasikan. Namun demikian, secara alamiah manfaat kefir jauh lebih baik daripada yoghurt, karena kefir difermentasikan dengan menggunakan kurang lebih 60 jenis mikroba. Sedangkan yoghurt biasa hanya terdiri atas sedikit mikroba, serta membuat keju Mozarella. Pada kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh pegawai BBPKH untuk peningkatan pengetahuan serta meningkatkan keterampilan dalam olahan dari susu, menurut,” Elies.

Menurut, Dewi dari Dinas Peternakan Kabupaten Bogor, kegiatan ini  sanggat banyak manfaatnya untuk memajukan kelompok dalam mengolah hasil peternakan, sehingga tumbuh wirausahan baru, khususnya peternak di Kabupaten Bogor.

“Pak Zohan dari kelompok Peternak sangat antusias  mengikuti kegitan ini sehingga waktu yg telah dijadwalkan terasa sangat kurang. Walaupun beliau laki – laki dan biasanya senang pengolahan tuh ibu – ibu. Adapun kesan dari peserta secara umum menyampaikan bahwa nilai tambah dari produk olahan susu baik dari Mozarela dan kefir selaian mendapatlan manfaat kesehatan serta rasa yg enak juga menfapatkan nilai tambah ekonomi,” kata, Dewi.(*)

No Comments Yet.

Leave your comments