Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara, memberikan Bimbingan Teknis Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan di Kabupaten Demak.

Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara, memberikan Bimbingan Teknis Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan di Kabupaten Demak.

Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara, Bogor, Jawa Barat memberikan Bimbingan Teknis Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan ( Traktor Roda 4/ TR4 dan Combine Harvester/CH) di Kabupaten Demak.

Peserta berjumlah 30 orang yang berasal dari usaha pelayanan jasa alsintan atau kelompoktani penyuluh pioner, serta TNI kodim Jepara brigade Alsitan kodim jepara. menurut Kepala BBPKH, Wisnu Wasisa Putra, Rabu (04-04-18)

"BBPKH sebagai penanggung Jawab wilayap Upsus Pajale sekaligus Penangggung Jawab Wilayah Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan di Wilayah Kab. Demak. Pola Bintek Praktek setiap Peserta harus bisa menjalankan atau mengoprasikan Alsintan tersebut. Yang di pandu oleh Tiem Suplayer Alsintan serta UPJA (usaha pelayanan jasa alsintan) Setempat. Di tambah Demontrasi Perawatan serta sukucadang," kata Wisnu.

Pemerintah daerah berupaya menyukseskan progam upaya khusus Kementian pertanian yang sudah memberikan solusi berupa bantuan Alat mesin pertanian dari mulai pra budidaya, budidaya sampai pasca Panen. Berupa alat Olah tanam alat Penen baik itu Traktor roda 2 Roda 4 Untuk Panen Alat Combine Harvester sampai Draiyer.

"Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu 4 April 2018 yang bertempat UPJA barokah desa Bungo Kecamatan Wedung Kab. Demak. Pengajar dalam Bimbingan Teknis juga menghadirkan Suplayer produsen Alsintan bersama tim untuk melakukan fasilitasi selama kegiatan berlangsung. Pada kesempatan itu Peserta antusias mengikuti kegiatan, selain Praktek langsung juga banyak diskusi mengenai pengoprasian Alsintan tersebut," ujarnya.

Tenaga Kerja terutama usia muda di sektor pertanian semakin kurang. Sehingga dibutuhkan bantuan Alat mesin Pertanian(Alsintan) untuk menjalan produksi.

Menrut Sekertaris Dinas pertanian dan Pangan Kab. Demak, Nur Hidayat mengatakan bantuan Pemerintah yang diberikan harus dimanfaatkan dengan Optimal, Bimbingan Teknis diperlukan demi meningkatkan keahlian petugas memanfaatkan Alsintan didaerah demak.

Untuk mengoprasikan Alsintan tersebut petani harus dibekali peningkatan Kompetensi nya. Kata Sekertaris Dinas pertanian dan Pangan Kab. Demak.

"Dengan kegiatan Bintek tersebut. outputnya petani yang mendapat bantuan alsintan dari pemerintah. Dengan menfaatkan alsintan tersebut dengan optimal sehingga. Petani dapat merasakan manfaat dari bantuan tersebut. Pemanfaatan Alsintan berkorelasi dengan capaian produksi Pangan terutama Padi," kata Nur.

No Comments Yet.

Leave your comments