Mewujudkan Sapi Harapan

Mewujudkan Sapi Harapan

Oleh : Ristaqul H Belgania (Divisi Reproduksi BBPKH Cinagara)

 

Kementrian Pertanian saat ini tengah mengembangkan sapi Belgian Blue di Indonesia. Sapi Belgian Blue merupakan sapi berotot yang berasal dari Belgia yang memiliki persentase karkas lebih tinggi (70-80%) dibandingkan sapi lainnya. Sapi Belgian Blue ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi daging sapi di Indonesia melalui peningkatan mutu genetik ternak.

Upaya pengembangan sapi Belgian Blue di Indonesia dengan cara transfer embrio dan inseminasi buatan. Pengembangan Belgian Blue ini masih dalam tahap pengkajian dan pengembangan bersifat closed breeding di UPT Lingkup Kementrian Pertanian, salah satunya adalah BBPKH Cinagara, Bogor.

IMG-20180310-WA0049.jpg

Aplikasi Transfer Embrio Belgian Blue di BBPKH Cinagara

Sampai saat ini telah dilaksanakan 8 aplikasi transfer embrio di BBPKH Cinagara yang berkerja sama dengan BET Cipelang dan 3 diantaranya dinyatakan positif bunting sapi Belgian Blue. Tidak hanya itu, pengembangan sapi Belgian Blue di BBPKH Cinagara juga dengan inseminasi buatan menggunakan straw Belgian Blue pada 9 ekor indukan. Diharapkan pengembangan Belgian Blue di BBPKH Cinagara ini dapat berkontribusi untuk memenuhi target kelahiran 1000 ekor Belgian Blue di tahun 2019. (RHB)

No Comments Yet.

Leave your comments